Senin, 30 Mei 2011

Lanal Pontianak Naik Jadi Lantamal

Pontianak, Kalimantan Barat (image : GoogleMaps)

PONTIANAK—Pangkalan Angkatan Laut Pontianak akan menjadi Pangkalan Utama TNI AL. Peningkatan ini mempertimbangkan lokasi Kalimantan Barat yang strategis. Danlanal Pontianak Kolonel Laut (P) Parno mengatakan ada dua alternatif lokasi untuk Lantamal.”Ada dua opsi untuk lantamal, yakni di Mempawah dan Lanal Pontianak sekarang.

Minggu, 29 Mei 2011

Upacara Gelar Pasukan Pengamanan Presiden


PONTIANAK - Sejumlah prajurit TNI AU Yon 465 Paskhas Lanud Supadio dan Detasemen Kavaleri-2 Beruang Cakti mengikuti Upacara Gelar Pasukan Pengamanan Presiden, di Kantor Gubernur Kalbar, Sabtu (28/5). Sebanyak 1.800 personil dari TNI dan Polda Kalbar dipersiapkan untuk mengamankan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono, terkait peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong ke VIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-39 pada 30-31 Mei di Pontianak. FOTO ANTARA/Jessica Wuysang/ss/pd/11

Sabtu, 28 Mei 2011

Latihan Gabungan TNI AL & VMF di Perairan Makassar


MAKASSAR - Sejumlah pasukan TNI AL dan AL Rusia (VMF) melakukan penyergapan terhadap perompak di Perairan Makassar, Sulsel, Jumat (27/5). Simulasi latihan gabungan antara TNI AL dengan angkatan laut Rusia tersebut dilakukan untuk melatih kemampuan masing-masing pasukan dalam menghadapi perompak di laut. FOTO ANTARA/Yusran Uccang/nz/11

PMN Belum Cair, PAL Terancam Gulung Tikar

Dari kiri ke kanan : Panglima TNI Agus Suhartono, Menteri Pertahanan Purnomo Yosgiantoro dan Dirut PT PAL, Harsusanto

JAKARTA - Kondisi keuangan PT Penataran Angkatan Laut Indonesia (PAL) sepertinya sudah di ujung tanduk. Perusahaan galangan kapal ini memberikan warning kepada pemerintah, bila sampai bulan Juli nanti bantuan Penyertaan Modal Ne­gara (PMN) sebesar Rp 3 triliun tidak dicairkan juga, maka PT PAL terancam gulung tikar.

Jumat, 27 Mei 2011

Pemerintah Pastikan Beli Dua Kapal Selam Tahun Ini

Kapal selam Scorpene buatan Prancis (photo : DCNS)


TEMPO Interaktif, Jakarta - Pemerintah memastikan rencana pembelian kapal selam tahun ini. Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksamana Madya Susilo, mengatakan setidaknya ada dua unit kapal selam yang akan dibeli. "Tahun ini kami harapkan bisa eksekusi," katanya kepada Tempo di Jakarta, Jum'at, 27 Mei 2011.

Kontingen Indonesia Juara Menembak di Inter Contingent Shooting Competition 2011


LEBANON - Seorang anggota TNI yang tergabung dalam Indobatt, mengisikan amunisi kedalam Magazen saat kejuaraan menembak antar Kontingen Unifil (Inter Contingent Shooting Competition 2011) di lapangan tembak, Abel Al Saqi, Marjayoun, Lebanon Selatan, Kamis, (26/5). 

Simulasi Penanggulangan Teroris di Atas Kapal Oleh Kopaska

PALEMBANG - Seorang personel Kopaska TNI-AL turun dari helikopter saat akan mengevakuasi korban aksi terorisme di atas kapal tanker MT Eternal Oil II yang dibajak dalam simulasi penanggulangan terorisme, Gelar Exercise ISPS Code 2011 Pertamina Marine Region II Plaju di Sungai Musi, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (26/5). Kegiatan tersebut digelar Pertamina sebagai bentuk persiapan dalam penanggulangan ancaman keamanan dan keselamatan khususnya di wilayah pelabuhan dan perairan. FOTO ANTARA/Ismar Patrizki/ama/11.

Kamis, 26 Mei 2011

Kompi Zeni Indonesia Miliki Kualitas Kerja Terbaik


KONGO – Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-H/Monusco, mengikuti Engineering Conference yang dilaksanakan Conference Room South Kivu Brigade di Bukavu, Provinsi South Kivu Kongo.

TNI AL & US Navy Gelar Latihan Bersama CARAT 2011

Kapal perang AS jenis Destroyer, USS Howard (DDG-83), ikut terlibat dalam LAtma CARAT 2011 (Foto: dodson.tk)
JAKARTA - Dalam rangka kerjasama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat TNI AL kembali menggelar Latihan Bersama (Latma) bertajuk CARAT (Cooperation Afloat Readines and Training) dengan US Navy, demikian diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Soeparno.

Kapal Perang Rusia Latihan Bersama Fregat TNI AL

MAKASSAR - Seorang pasukan marinir TNI AL merjaga-jaga saat kapal destroyer kelas Udaloy, Admiral Panteyeyev milik Rusia sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Rabu (25/5). Kapal perang yang membawa 300 ABK tersebut berada di Makassar hingga 29 Mei 2011, rencananya kapal perang Rusia ini akan melakukan latihan gabungan dengan kapal perang Fregat TNI AL, KRI Oswald Siahaan-354 di perairan selat Makassar. FOTO ANTARA/Yusran Uccang/pd/11

Rabu, 25 Mei 2011

Satkor Koarmatim Latih Tim Anti Pembajakan


Tim Visit Boarding Search And Siezure (VBSS) Satkor Koarmatim beraksi diatas KRI Nala-363 yang sedang bersandar di Dermaga Penjelajah Koarmatim Ujung Surabaya Rabu (25/05).

Penerbang Helikopter Latihan Simulator di Singapura

Kokpit display helikopter EC-120 Colibri (photo : pcaviator) 
Lima perwira TNI AU yang bertugas sebagai penerbang Pesawat Helikopter di Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma melaksanakan latihan simulator Pesawat Helikopter jenis EC 120 Colibri di eurocopter south east asia, Changi Air Base, Singapura, Senin (23/5). Latihan dilaksanakan selama lima hari hingga, Jumat (27/5) bertujuan melatih kemampuan penerbang menghadapi segala kemungkinan buruk yang terjadi ketika mengawaki Pesawat Helikopter saat di darat maupun terbang, sehingga memiliki pengetahuan untuk bertindak dengan aman ketika ada di cockpit EC 120 Colibri. 

Selasa, 24 Mei 2011

Jet tempur Iswahjudi Latihan Terbang Malam


24 Mei 2011, Magetan (Pentak Lanud Iswahjudi): Meski hanya mengandalkan instrumen dan visual yang sangat terbatas penerbang-penerbang tempur Lanud Iswahjudi, dalam beberapa hari kedepan sejak Senin (23/5) suasana petang hingga malam hari melaksanakan terbang malam untuk meningkatkan profesionalisme baik skill (keahlian) maupun kemampuan terbang (Profesiensi).

Belanja Modal Kemhan Terserap 19,59%

Menko Polhukam Djoko Suyanto (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (kiri) sebelum Rapat Terbatas (Ratas) bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) di kantor kepresidenan , Jakarta, Senin (23/5). Ratas membahas mengenai Peraturan Pemerintah tentang rencana aksi implementasi rekomendasi Komisi Kebenaran dan Persahabatan RI dan Timor Leste serta paparan Mendagri tentang RUU Pemerintah Daerah pengganti UU no 32 tahun 2004. (Foto: ANTARA/Prasetyo Utomo/Spt/11)

Foto Dokumentasi Pembebasan MV Sinar Kudus


JAKARTA - KRI Yos Sudarso-352 dan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 saat mengawal kapal MV Sinar Kudus di perairan Somalia, menuju Oman, usai pembebasan. Foto-foto yang di release Korps Marinir ini juga menampilkan sebuah sea rider milik Pasukan Khusus Denjaka sedang diturunkan dari KRI Yos Sudarso-352.

Senin, 23 Mei 2011

Indonesia belum akan Kawal Kapal Dagang

KSAD Jenderal TNI George Toisutta digotong prajurit TNI Angkatan Darat saat menyambut kedatangan Satuan Tugas Merah Putih di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Minggu ( 22/5). Penyambutan kedatangan Satuan Tugas Merah Putih, seusai melaksanakan misi kemanusiaan menyelamatkan sandra awak Kapal MV Sinar Kudus yang dibajak oleh Perompak Somalia di Perairan Somalia. (Foto: ANTARA/ Ujang Zaelani/ed/nz/11)

Operasi Pembebasan Sudah Dirancang Sejak Awal, Termasuk Opsi Serangan Darat

Presiden SBY bersama dengan anggota Satga Merah Putih ketika bersilaturahmi dengan Satgas Merah Putih di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (22/5) siang. (Foto:anung/presidensby.info)

Indonesia Tawarkan Senapan Pindad ke Laos dan Kamboja

Senapan SS-2 buatan Pindad (photo : Kaskus Militer)

RI Jualan Senapan Pindad ke Laos dan Kamboja

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pemerintah terus menawarkan persenjataan buatan dalam negeri ke negara-negara ASEAN. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan salah satu jenis senjata yang saat ini ditawarkan adalah SS2 atau Senapan Serbu 2 yang diproduksi oleh PT. Pindad. "Tapi belum ada keputusan jadi beli atau tidak," katanya di Jakarta, Minggu 22 Mei 2011.

Minggu, 22 Mei 2011

Ini Alasan SBY Emoh Blakblakan Soal Operasi Sinar Kudus

Ratusan Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Merah Putih disambut saat tiba di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Minggu ( 22/5). Penyambutan kedatangan Satuan Tugas Merah Putih, seusai melaksanakan misi kemanusiaan menyelamatkan sandra awak Kapal MV Sinar Kudus yang dibajak oleh Perompak Somalia di Perairan Somalia. (Foto: ANTARA/ Ujang Zaelani/ss/pd/11)

Untuk Lawan Perompak, Pemerintah Somalia Dukung TNI Duduki Daratan

Ratusan Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Merah Putih disambut saat tiba di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Minggu ( 22/5). Penyambutan kedatangan Satuan Tugas Merah Putih, seusai melaksanakan misi kemanusiaan menyelamatkan sandra awak Kapal MV Sinar Kudus yang dibajak oleh Perompak Somalia di Perairan Somalia. (Foto: ANTARA/Ujang Zaelani/ss/pd/11)

Presiden Terima Satgas Pembebasan "Sinar Kudus"

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( tengah), didampingi oleh Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono ( kanan), saat menyambut kedatangan Satuan Tugas Merah Putih di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Minggu ( 22/5). Penyambutan kedatangan Satuan Tugas Merah Putih, seusai melaksanakan misi kemanusiaan menyelamatkan sandera awak Kapal MV Sinar Kudus yang dibajak oleh Perompak Somalia di Perairan Somalia. (Foto: ANTARA/Ujang Zaelani/ss/pd/11)

Sabtu, 21 Mei 2011

ASEAN Alokasikan US$ 25 Miliar Untuk Industri Pertahanan

Dari kiri Menteri Energi Brunei Darussalam YB Pehin Datu Singamanteri Col (Rtd) Dato Seri Paduka Hj Moh. Yasmin bin H. Umar, Menhan Kamboja General Tea Banh, Menhan Laos Douangchay Phichith, Menhan Malaysia Dato' Seri Ahmad Zaahid bin Hamidi, Menhan Myanmar Jenderal Hla Min, Menhan RI Purnomo Yusgiantoro,

Malaysia akan Operasikan Dua Kapal Selam di Perbatasan


21 Mei 2011, Jakarta (MI.com): Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (RMN) mulai mengoperasikan Kapal selam KD Tunku Abdul Rahman dan KD Tun Abdul Razak di perairan perbatasannya pada tahun ini.

Demikian disampaikan Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (20/5)

Kemhan RI Bantah Kolaborasi Dengan Malaysia


20 Mei 2011, Jakarta (VIVAnews): Kementerian Pertahanan Indonesia belum mengetahui adanya rencana kolaborasi antara Indonesia-Malaysia-Thailand untuk memproduksi senapan serang M4. Kemhan mengatakan Indonesia masih bisa memproduksinya secara mandiri.

Jumat, 20 Mei 2011

RI-China Akan Gelar Latihan Bersama Pilot Sukhoi

JAKARTA - Pertemuan bilateral antara menteri pertahanan Indonesia dan China di sela-sela ASEAN Defence Ministers Meeting menghasilkan beberapa kesepakatan penting. Salah satunya, RI dan China akan menggelar training bersama untuk para pilot jet tempur Sukhoi.

Malaysia Ajak Indonesia Produksi Senapan M4

Komponen senapan M4 (photo : Military Today)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Malaysia mengajak Indonesia dan Thailand berkolaborasi untuk memproduksi senapan jenis Karabin M4. Karabin M14 dirancang oleh perusahaan Amerika untuk menggantikan senapan lama jenis M16 sejak 2010 lalu. Menteri Pertahanan Malaysia, Dato Seri Ahmad Zahid bin Hamidi, menyatakan kerjasama bisa dalam bentuk kepemilikan saham bersama.

Empat Jet Sukhoi ke Ambalat


19 Mei 2011, Tarakan (Batam Pos): Seringnya kapal-kapal angkatan laut Malaysia melanggar batas wilayah perairan Indonesia di Ambalat, membuat pemerintah RI kian waspada.

Bahkan, empat pesawat tempur milik TNI AU jenis Sukhoi dikerahkan untuk mengamankan wilayah Ambalat dan perbatasan utara Kalimantan Timur.

Empat Pesawat Sukhoi Bikin Formasi Diamond di Udara


18 Mei 2011, Tarakan (tribunkaltim.co.id): Sebelum mendarat di Bandara Juwata, Rabu (18/5/2011), empat pesawat Sukhoi yang dipimpin Letkol Penerbang Tomy Haryono, Komandan Skuadron Udara Wing 5 Lanud Sultan melakukan beberapa formasi di udara. Mulai formasi leader dengan wingman kanan kiri, diamond dan esselon.

Wakasal Kunjungi Kapal Perang India

INS Ranvijay D55
19 Mei 2011, Jakarta (Dispenal): Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Marsetio,M.M mengunjungi kapal Angkatan Laut India INS Ranvijay D55 yang berlabuh di JICT II Dermaga Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (18/5). Kunjungan tersebut dalam rangka memenuhi undangan ramah tamah di atas kapal perang India dari Flag Officer In Commanding In Chief, Eastern Naval Command (Panglima Armada Timur India) Vice Admiral Anup Singh, PVSM, AVSM, NM, ADC.

Indobatt Kendalikan Massa Pascabentrok Palestina-Israel

Sejumlah anggota TNI yang tergabung dalam Indobatt dengan menggunakan dua kendaraan tempur (ranpur) BTR-80A saat melakukan patroli di area operasi Kompi Charlie, Indobatt, di desa Az Ziqiyah dan Deir Syirien Deir, Lebanon Selatan, Jumat, (13/5). Kegiatan patroli ini rutin dilakukan setiap saat, dengan tujuan memantau situasi keamanan di area operasi Indobatt sebagai upaya preventif untuk mencegah segala hal yang tidak diinginkan. (Foto: ANTARA/HO-Puspen TNISertu Mar Kuwadi/ed/NZ/11)

Panglima TNI: Revitalisasi Tingkatkan Kemampuan Industri Pertahanan

Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro (kiri), Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid bin Hamidi (tengah) dan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono (kanan).FOTO ANTARA/Fanny Octavianus/11.
JAKARTA - “Dalam periode kedua masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, beberapa kali telah menunjukkan keinginannya untuk merevitalisasi industri strategis pertahanan, guna mengembangkan kemampuan industri dalam negeri bagi kepentingan pembangunan ekonomi nasional. 

Kamis, 19 Mei 2011

Buat Jet Tempur Bersama Korsel, Indonesia Sertakan 30 Insinyur


18 Mei 2011, Jakarta (TEMPO Interaktif): Pemerintah Indonesia akan mengirimkan 30 insinyur terbaik dalam bidang industri pertahanan ke Korea Selatan dalam rangka kerjasama pembuatan jet tempur Indonesia-Korea Selatan. "Ada 30 insinyur Indonesia yang akan terlibat dalam poyek ini," kata Direktur Teknologi Industri Pertahanan, Ditjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan, Agus Suyarso, usai Seminar Industri Pertahanan di Gedung Antara, Jakarta, Rabu 18 Mei 2011.

Rabu, 18 Mei 2011

Indonesia Akan Dapat 1 Prototype Pesawat KF-X

JAKARTA - Kerjasama Indonesia-Korea Selatan dalam pengembangan industri pembuatan jet tempur terus berlanjut. Proyek yang pembagian pembiayaannya 80 persen Korea Selatan dan 20 persen Indonesia ini rencananya akan membuat lima prototipe jet tempurKF-X/IF-X, pesawat tempur multimission generasi 4,5.

Hasanuddin: RUU PPISP Fasilitasi Revitalisasi Industri Pertahanan

Peresmian penyerahan KRI Clurit produksi galangan kapal di Batam. (Foto: Kemhan)
18 Mei 2011, Jakarta (ANTARA News): Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, Rancangan Undang Undang tentang Pengembangan dan Pemanfaatan Industri Strategis untuk pertahanan (RUU PPISP) akan memfasilitasi revitalisasi industri strategis pertahanan.

Ketergantungan Alutsista ke Negara Lain Timbulkan Malapetaka

Alat utama sistem senjata- ilustrasi
(antaranews/foto antara/ardika)


18 Mei 2011, Jakarta (ANTARA News): Ketergantungan alat utama sistem senjata (alutsista) yang berlebihan pada negara lain dapat menimbulkan malapetaka, untuk itu pemerintah diharapkan bisa meningkatkan kebutuhan alutsista /non alutsista TNI demi terwujudnya percepatan kemandirian alutsista produksi dalam negeri dan perluasan pembangunan ekonomi.

ASEAN Bertekad Kurangi Ketergantungan Persenjataan Luar Kawasan

UAV mini Skyblade III produksi industri pertahanan Singapura. (Foto: Mindef)
18 Mei 2011, Jakarta (ANTARA News): ASEAN bertekad mengurangi ketergantungan pengadaan alat utama sistem persenjataan dari luar kawasan, dengan merancang kemandirian industri pertahanan ASEAN yang ditargetkan selesai 2030.

"Industri Pertahanan Jangan Seperti Ilusi"

Upacara penyerahan KRI Clurit di Batam, kapal cepat rudal produksi galangan kapal dalam negeri. (Foto: Kemhan)
18 Mei 2011, Jakarta (VIVAnews): Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menilai Indonesia perlu melakukan percepatan industri pertahanan. Hal ini untuk menjawab masalah aktual dalam negeri, seperti rendahnya sistem persenjataan dan embargo dari negara-negara industri utama.

Kerjasama Pertahanan ASEAN Wujudkan Kemajuan Bersama


JAKARTA - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kolaborasi pembangunan industri pertahanan di kawasan ASEAN mutlak diperlukan guna mewujudkan terciptanya kemandirian alutsista dan perluasan pengembangan ekonomi dan Kemajuan di kawasan ASEAN.

MoU Kerjasama Industri Pertahanan Dengan Korea di Tandatangani Hari ini


BALI - "Investasi Korea Selatan (Korsel) di Indonesia pada tahun 2010 mencapai US$ 7,4 miliar. Dan hingga saat ini, total investasi Korea Selatan di Indonesia menembus angka US$ 20,2 miliar". Demikian diungkapkan Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, di pembukaan Working Level Task Force Meeting antara Indonesia dan Korea Selatan di Nusa Dua Bali, Rabu (18/5).

Menhan: Kolaborasi Pertahanan ASEAN Wujudkan Kemajuan Kawasan

Panser Anoa produksi PT PINDAD telah dipesan oleh Malaysia.
18 Mei 2011, Jakarta (ANTARA News): Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kolaborasi pembangunan industri pertahanan di kawasan ASEAN mutlak diperlukan guna mewujudkan terciptanya kemandirian alutsista (Alat utama sistem senjata) dan perluasan pengembangan ekonomi dan Kemajuan di kawasan ASEAN.

Tahun 2012 Alutsista Baru Memperkuat TNI AU

EMB 314 Super Tucano akan memperkuat TNI AU pada 2012. (Photo: Embraer)
18 Mei 2011, Bandung (Pen Korpaskhasau): TNI Angkatan Udara kedepan akan semakin bertambah kekuatannya, sampai dengan kwartal pertama tahun 2012 mendatang, diharapkan beberapa alut sista akan datang memperkuat jajaran TNI Angkatan Udara seperti pesawat Super Tucano dan Radar yang akan ditempatkan di Saumlaki dan Timika.

Kapal Perang Indonesia Ikuti IMDEX ASIA 2011


Changi Naval Base, Singapore



SINGAPORE - Sekitar 20 kapal perang dari seluruh dunia, termasuk frigate stealth terbaru, korvet dan kapal perusak, telah tiba di Singapura untuk pameran bertema IMDEX Asia 2011 yang dimulai hari rabu ini (18/5) hingga Jumat (20/5) di Changi Exhibition Centre.

Kapal perang dari beberapa negara yang ikut berpartisipasi seperti Australia, Perancis, India, Indonesia, Republik Korea, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat berlabuh di Changi Naval Base selama tiga hari.

Inilah Strategi 'Psy War' TNI Hadapi Perompak Somalia


17 Mei 2011, Jakarta (TEMPO Interaktif): Tak hanya diberangkatkan untuk operasi pembebasan awak Kapal Kargo Sinar Kudus, Satuan Tugas "Merah Putih" TNI yang dipimpin Komandan Marinir Mayor Jenderal (Mar) Alfan Baharudin ternyata juga menyiapkan strategi "psy war" alias perang urat syaraf menghadapi para perompak.

Strategi ini sebenarnya akan dilakukan setelah pasukan elite TNI, gabungan Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) Marinir TNI Angkatan Laut, dan Satuan Penanggulangan Teror Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat berhasil menduduki kampung perompak Ceel Dhahanaan (El Dhanan). Kampung yang menjadi basis para bajak laut itu akan diduduki untuk mencegah mereka mengerahkan bantuan saat kapal Sinar Kudus disergap pasukan TNI.

Selasa, 17 Mei 2011

Kodam Papua Dapat Tambahan Satu Helikopter

Helikopter Bell 412 TNI AD (photo : PusdikPenerbad)

TEMPO Interaktif, Jayapura - Komando Daerah Militer XVII Cenderawasih bakal mendapatkan tambahan pesawat helikopter untuk penambahan alutsista di Papua. Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengakui prajurit yang bertugas di wilayah perbatasan masih minim fasilitas.

Panglima menyatakan sejumlah pos pengamanan di wilayah Papua masih kesulitan air bersih dan fasilitas pos-pos tersebut juga tak layak. “Sehingga pengiriman bahan makanan ke sejumlah pos tersebut mengalami kendala," kata Agus Suhartono di Jayapura, Senin, 16 Mei 2011.

Kapal Yos Sudarso, Pelaksana Misi Penyelamatan MV Sinar Kudus Merapat di Padang

KRI Yos Sudarso-353 saat merapat di pelabuhan Colombo, Sri Lanka, untuk menjemput pasukan komando dan mengisi perbekalan sebelum melanjutkan pelayaran ke perairan Somalia. (Foto: Sri Lanka Navy)
16 Mei 2011, Padang (Republika): Kapal perang KRI Yos Sudarso yang melakukan pasukan misi penyelamatan penumpang kapal MV. Sinar Kudus ke perairan Somalia, merapat di Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (16/5).

TNI AL dan AL Filipina Gelar Corpat Philindo XXV 2011

Salam Komando Dan KRI Tongkol-813 dan Dan BPR Miquel Malvar P-19
17 Mei 2011, Bitung (Lantamal VIII): Danlantamal VIII/Manado diwakili oleh Asops Danlantamal VIII/MDO Kolonel Laut (P) Alex Firmansyah sambut kedatangan delegasi Corpat Philindo XXV 2011 terdiri dari dua Kapal Perang masing masing Angkatan Laut. TNI AL melibatkan KRI Tongkol-813 sedang AL Philipina melibatkan BRP Miquel Malvar (PS-19). Penyambutan dilaksanakan di Dermaga Angkatan Laut Samla Bitung, Senin (16/5).

TNI AL dan AL Rusia Gelar Latma Anti Perompak

RFS Admiral Panteleyev (BPK 548). (Foto: RIA Novosti/Vitaliy Ankov)
17 Mei 2011, Moskow (Berita HanKam): Kapal perusak RFS Admiral Panteleyev (BPK 548) dari Armada Pasifik Rusia akan mengelar latihan bersama anti perompak dengan TNI AL. Kapal akan berlabuh di Pelabuhan Makassar, 25-27 Mei.

Admiral Panteleyev telah ditugaskan melakukan misi internasional anti perompak di perairan Somalia pada 2009. Kapal berhasil menangkap 29 tersangka perompak dan diduga kuat terlibat dalam usaha perompakan yang gagal kapal tanker milik Rusia.

KASAL Filipina Tinjau Kapal Perang Indonesia

KRI Banjarmasin 592

Jakarta, Kepala Staf Angkatan Laut Filipina Laksamana Muda Alexander Pama mengunjungi dua kapal perang TNI Angkatan Laut jenis "Landing Platform Dock" (LPD) di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Kamis.

Dalam kunjungan itu, Pama didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Marsetio dan Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan.

Senin, 16 Mei 2011

Helikopter TNI Mendarat Darurat di Kenyam


16 Mei 2011, Jayapura (ANTARA News): Sebuah helikopter Bell-412 milik TNI dikabarkan mendarat darurat di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, Senin.

Helikopter, milik Kodam XVII Cenderawasih itu, diperkirakan mendarat darurat pukul 10.58 Wit setelah mengalami kerusakan di mesin utama sehingga harus mendarat di Distrik Kenyam.

Minggu, 15 Mei 2011

Lanud Tarakan Buat Apron Untuk Pesawat Tempur

TARAKAN - TNI AU tetap kerahkan beragam pesawat memantau perkembangan perairan RI di Blok Ambalat, Kaltim. Komandan Lanud Tarakan, Letkol Nav Budi Handoyo, mengatakan Mabes TNI mengintruksikan tugas rutin mengerahkan beragam pesawat untuk pengintaian meski tidak ada indikasi pelanggaran kewilayahan.

Patroli dan pengamanan kawasan udara Ambalat juga menggunakan pesawat intai Boeing 737-200 dan Hercules yang standby on call (siaga terbang) di Lanud Tarakan. “Sepekan lagi kami kedatangan pesawat Sukhoi untuk operasi Ambalat, ungkapnya sambil mengecek fasilitas runway di Bandara Juwata Tarakan yang bertipe C ini. "Lanud Tarakan kini tengah menunggu perpanjangan runway,” jelasnya.

Patroli Indobatt di Lebanon Selatan


LEBANON SELATAN - Sejumlah anggota TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda/ Indobatt menggunakan ranpur BTR-80A saat melakukan patroli di area operasi Kompi Charlie, di desa Az Ziqiyah dan Deir Syirien Deir, Lebanon Selatan, Jumat, (13/5). Kegiatan patroli ini rutin dilakukan setiap saat, dengan tujuan memantau situasi keamanan di area operasi Indobatt sebagai upaya preventif untuk mencegah segala hal yang tidak diinginkan. FOTO ANTARA/HO-Puspen TNISertu Mar Kuwadi/ed/NZ/11

Kasarmatim Sambut Kedatangan KAL Kudungga di Sangatta

Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Arief Rudianto, SE didampingi Bupati Kutim, Ketua DPRD Kutim, Asrena Pangarmatim, Wadan Lantamal IV dan Danlanal Sangatta foto bersama didepan KAL Kudungga setelah acara penyambutan Kapal tersebut, Selasa (10/5)
.13 Mei 2011, Surabaya (Dispenarmatim): Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Arief Rudianto, SE menyambut kedatangan Kapal patrol KAL Kudungga yang dipesan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dari PT. Pelindo Batam, di perairan Sangatta, belum lama ini, Selasa (10/5).

Marinir Beli Senjata Antiserangan Udara dari Swiss

Oerlikon Contraves/Rheinmetall, jenis senjata artileri pertahanan udara yang dibeli Korps Marinir
JAKARTA - Korps Marinir TNI AL akan menambah tujuh perangkat senjata anti serangan udara baru pada tahun ini. Persenjataan seharga total US$ 15 juta atau Rp 135 miliar itu sebagian bakal dipasang di sekeliling Istana Negara, Jakarta, untuk pengamanan serangan dari udara.

"Sekarang sudah mulai dirakit dan akan dikirim ke sini akhir tahun ini," kata Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal Alfan Baharudin kepada Tempo di kantornya di Kwitang, Jakarta, Jumat (13/5). Senjata berupa kendaraan tempur yang dilengkapi meriam kaliber 35 milimeter ini dibeli dari Swiss, namun perakitannya dilakukan oleh perusahaan di Cina.

Hibah F-16 Dijadwalkan Akan Diterima Akhir Tahun 2011

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Marsekal Madya TNI Erris Herryanto mengatakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) saat ini belum mengirim tim ke Amerika Serikat untuk mengecek kondisi pesawat tempur F-16 yang akan di hibahkan AS.

Rencananya, hibah F-16 akan dilakukan pada akhir tahun 2011 ini kepada Pemerintah Indonesia. “Tim belum dikirim, sekarang ini masih proses administrasi,” kata Marsekal Madya TNI Erris Herryanto saat dihubungi Jurnal Nasional, Kamis (12/5).

Erris menjelaskan, secara resmi hingga saat ini tim belum terbentuk. Sedangkan, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama TNI Bambang Samoedro mengatakan TNI AU akan membentuk tim penilai kondisi pesawat tempur tersebut. “Tim akan dibentuk dalam waktu dekat, kemudian berangkat (ke AS) melihat kondisi pesawat,” kata Bambang Samoedro.

Sabtu, 14 Mei 2011

Satran Koarmatim Laksanakan Latihan TPR Di Perairan Tuban

KRI Pulau Rimau-724 dalam Latihan Tindakan Perlawanan Ranjau II/2011 (TPR II/2011) di daerah latihan sekitar perairan Merkawang–Tuban Jawa Timur, Kamis (12/05)

12 Mei 2011, Surabaya (Dispenarmatim): Satuan Kapal Ranjau Komando Armada RI Kawasan Timur (Satranarmatim) melaksanakan kegiatan Latihan Tindakan Perlawanan Ranjau II/2011 (TPR II/2011) dengan melibatkan unsur Penyapu Ranjau KRI Pulau Rimau-724, 1 Tim Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim, 1 Tim Dinas Penyelamatan bawah Air (Dislambair), 1 Tim Dinas Hydro Oceanografi (Dishidros), Laboratorium Induk Senjata (Labinsen), dan Arsenal. Latihan ini dilaksanakan di perairan Merkawang Tuban Jawa Timur.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls