Kamis, 29 September 2011

KSAU Resmikan Penggunaan Simulator Heli Superpuma


BOGOR - TNI AU resmi memiliki simulator helikopter SuperPuma NAS 332 untuk mendukung keterampilan dan kemampuan para penerbang helikopter matra udara.

Indonesia Akan Bangun Simulator Sukhoi


29 September 2011, Bogor (ANTARA): Indonesia akan segera membangun simulator pesawat jet tempur Sukhoi untuk menempa keterampilan dan kemampuan para pilot pesawat tempur tersebut secara intensif, efektif dan efisien.

Rabu, 28 September 2011

Elang Malindo 2011 : Indonesia-Malaysia Gagalkan Serangan Teroris

Latihan pembebasan sandera dalam Elang Malindo 2011 di apron bandara Supadio Pontianak (all photos : Antara)
Sungai Raya, Kalbar, TNI Angkatan Udara dan Tentara Udara Diraja Malaysia menggagalkan serangan teroris yang melakukan pembajakan pesawat F-27 Fokker di Bandara Supadio Pontianak.

Selasa, 27 September 2011

Indonesia-India Patroli di Selat Malaka

(Foto: Koarmabar)
26 September 2011, Jakarta (ANTARA News): Indonesia dan India memulai patroli terkoordinasi di Selat Malaka. Komandan Satuan Kapal Penyapu Ranjau Komando Armada RI Kawasan Barat (Dansatran Koarmabar), Letnan Kolonel Laut (P) Heribertus Yudho Warsono, sebagai Dansatgas Patroli Terkoordinasi India dan Indonesia (Patkor Indindo) ke-18/2011, mengemukakan hal itu susai menerima perwakilan Angkatan Laut India di Belawan, Sumatera Utara, Senin.

Senin, 26 September 2011

DPR Beri Dua Opsi Soal Hibah F-16

F-16 Fighting Falcon mendarat di Eielson Air Force Base, Alaska, 8 April 2011. (Foto: U.S. Air Force/Staff Sgt. Christopher Boitz)

26 September 2011, Jakarta (Koran Jakarta): Komisi I DPR memberi dua opsi kepada pemerintah terkait pengadaan pesawat tempur jenis F-16 dari Amerika Serikat (AS). Pertama, pemerintah diminta membeli enam pesawat tempur F-16 Block 52 yang merupakan pesawat jenis baru untuk menampilkan efek getar dan daya tangkal yang cukup. Kedua, menerima hibah dengan syarat bisa di-up grade dengan melibatkan BUMN industri pertahanan.

TNI AL Operasi Bhakti SBJ di Batam


25 September 2011, Batam (ANTARA News): TNI AL menggelar Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya ke-60 (atau SBJ-LX) di pulau-pulau wilayah barat Indonesia dengan Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso-990.

Minggu, 25 September 2011

DPR Setuju Pemerintah Beli 6 Pesawat Tempur

(Foto: Pentak Lanud Iswahjudi)

25 September 2011, Jakarta (VIVAnews): Komisi I Bidang Pertahanan DPR RI menyetujui pembelian enam unit pesawat tempur baru berjenis F-16 Block 52 senilai US$430 juta atau setara dengan Rp3,8 triliun. Dana pembelian sudah dianggarkan dari Rencana Strategis (Renstra) jangka pendek Kementerian Pertahanan anggaran tahun 2011.

Sabtu, 24 September 2011

Ganti Alutsista, Kodam Tunggu Keputusan Pusat Satuan

Pangdam I Bukit Barisan yang baru, mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI Lodewijk F Paulus menggantikan Mayjen TNI Leo JP Siegers yang pindah tugas sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat. (Foto: Mohammad Hilmi Faiq/KOMPAS)

Kamis, 22 September 2011

Korps Marinir Tugaskan 136 Prajurit Amankan Pulau Teluar


22 September 2011, Surabaya (KOMPAS.com): Sebanyak 136 prajurit Korps Marinir (Pasukan Marinir) Pasmar-1 yang tergabung dalam Satgas Pam Puter XI (Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar XI) meninggalkan Surabaya dengan KRI Teluk Lampung 540, Kamis (22/9/2011).

Tentara RI dan Malaysia Akur Antisipasi Teroris


Danlanud Supadio, Kolonel Penerbang Kustono (kiri), didampingi Ketua Staf Operasi Marka I Division Udara Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM), Brigjen Abdul Muthalib bin Abdul Wahab memeriksa pasukan saat upacara pembukaan Latihan Bersama Elang Malaysia Indonesia (Malindo) ke-24 di Lanud Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Rabu (21/9).

Hibah 24+6 F-16 Lebih Baik Daripada 1 Skuadron F-16 Baru

F-16 TNI AU (photo : fitri arbi)

KSAU: Hibah F-16 Lebih Baik

Jurnas.com KEPALA Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat mengatakan, selain membutuhkan dana lebih besar, pembelian pesawat baru juga membutuhkan waktu yang lama.

Rabu, 21 September 2011

Rusia Siapkan Kerja Sama dengan Pindad, PT DI dan PAL

Tank amfibi produksi Rusia yang digunakan oleh Marinir TNI (photo : Kaskus Militer)

Rusia Lakukan Kerja Sama dengan Pindad

Jurnas.com RI-Rusia akan melakukan kerja sama dibidang pertahanan dengan melakukan join production alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Rencana kerja sama ini sudah disusun dalam draft perencanaan untuk ditindak lanjuti dengan negosiasi industri pertahanan Indonesia. Kerja sama ini salah satunya akan dilakukan dengan PT Pindad.

Kemhan akan Membangun Skuadron Udara di Kaltim

Pesawat F-16 TNI AU (photo : Aus DoD)


KEMENTERIAN Pertahanan mencanangkan untuk membangun sedikitnya tiga skuadron udara baru menyusul akan ada penambahan pesawat tempur dalam jumlah besar.

Salah satu daerah yang diproyeksikan adalah di wilayah Kalimantan Timur. Saat ini Kemhan telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk mendukung program tersebut serta sejumlah perencanaan lain menyangkut penguatan pertahanan di perbatasan.

Pemerintah akan Membeli MBT dan Menambah Tank Amfibi BMP3F

Tank amfibi BMP-3F Marinir TNI (photo : Kaskus Militer)

Pemerintah kembali membeli Sukhoi dan F16 untuk memperkuat alutsista

JAKARTA. Pemerintah terus memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista) tanah air. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mendatangkan pesawat tempur buatan Rusia yaitu Sukhoi.

RI-Rusia Gelar Latihan Militer Tahun Depan

Penyambutan kedatangan kapal perang Armada Pasifik Rusia RFS Admiral Panteleyev” dan RFS Fotiy Krilov di pelabuhan kota Makassar, propinsi Sulawesi Selatan pada 25 Mei 2011. (Foto: RIA Novosti/Mikhail Tsyganov)
20 September 2011, Jakarta (Jurnas.com): Kapal perang Rusia akan berlabuh di Indonesia, tepatnya di Surabaya pada 2012 untuk melakukan latihan bersama militer antara Indonesia-Rusia. Hal ini merupakan lanjutan kerja sama kedua negara yang telah disepakati sejak 2003.

TNI AU Indonesia- AU Jepang Jajaki Kerja Sama


19 September 2011, Jakarta (ANTARA News): Angkutan Udara Indonesia dan Angkatan Udara Jepang sepakat untuk saling menjajaki beragam kerja sama yang dapat dilakukan angkatan udara kedua negara.

TNI Akan Beli Main Battle Tank dengan Kredit Ekspor

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kiri) didampingi Menteri Sekretariat Negara Sudi Silalahi (kiri) dan sejumlah staf khususnya berjalan menuju Kantor Kepresidenan untuk memimpin rapat terbatas bidang politik, hukum dan keamanan di Jakarta, Senin (19/9). Rapat terbatas tersebut mengagendakan pembahasan lanjutan soal rencana pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI dengan pembelanjaan Pinjaman Luar Negeri tahun 2010-2014. (Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf/Koz/mes/11)

Minggu, 18 September 2011

Wamenhan Jajaki Kerja Sama Pertahanan Dengan 3 Negara Eropa


Leopard 2 MBT produksi Jerman dengan berat 62 ton (photo : Rheinmetall Defence)
PARIS (bisnis-jabar.com): Wakil Menteri Pertahanan RI Sjafrie Sjamsoeddin menjajaki kerja sama bidang pertahanan dengan tiga negara Eropa yaitu Jerman, Perancis, dan Spanyol untuk kepentingan produksi dan pemasaran bersama beberapa persenjataan.

Jumat, 16 September 2011

TNI Wajib Merawat Alutsista

16 September 2011, Jakarta (SINDO): Personel TNI Angkatan Udara diperintahkan untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap kondisi dan kesiapan alat utama sistem senjata (alutsista) yang dimiliki.
Perawatan harus terus dilakukan karena matra ini sangat mengandalkan sistem persenjataan. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat mengungkapkan, alutsista merupakan komponen utama dalam pertahanan. Kualitas alutsista, ujarnya, sangat menentukan tingkat kredibilitas pertahanan suatu negara.

Skadron 31 Angkat Nama Indonesia di Dunia Internasional

14 September 2011, Jakarta (KOMPAS): Skadron Udara 31 TNI AU sarat pengalaman misi internasional yang mengangkat nama Indonesia di dunia internasional.

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI M. Nurullah saat melantik Letkol (Pnb) Eko Sujatmiko secara sebagai Komandan Skadron Udara 31 di Jakarta, Rabu (14/9/2011) mengatakan, kualitas profesional harus dijaga dengan pengalaman tugas internasional yang dimiliki satuan itu.

Pasukan Yonif 621/Manuntung Barabai Dilepas ke Perbatasan

Anggota Yonif 621 Manuntung saat upacara pelepasan satgas pengamanan perbatasan RI - Malaysia di Banjarmasin, Kalimantan Timur, Kamis (15/9). Sebanyak 650 anggota TNI AD menggunakan KRI Teluk Parigi dari pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju Nunukan Kaltim untuk melakukan pengamanan wilayah perbatasan dengan masa tugas setahun. (Foto: ANTARA/Herry Murdy Hermawan/ss/ama/11)

Kamis, 15 September 2011

Kopassus Latihan Bersama Pasukan Elit Australia

Sejumlah pasukan Kopasus dan pasukan Khusus Australia Socaust bersiap untuk menuju pulau Kotok Kecil untuk memantau latihan bersama Kopasus dan Socaust Australia di Pulau Kotok Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Kamis (15/9). Latihan bersama tersebut merupakan wahana untuk saling tukar pengetahuan antarkedua delegasi dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dalam bidang teknik dan taktik pertempuran. (Foto: ANTARA/M Agung Rajasa/Koz/mes/11)

Kopaska dan US Navy Seal Latihan Militay Free Fall


13 September 2011, Surabaya (Koarmatim): Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan US Navy Seal melaksanakan latihan Terjun Military Free Fall (MFF) di Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Selasa (13/09). Kegiatan ini merupakan rangkaian Latihan Bersama (Latma) Flash Iron 11-02 JCET yang diikuti oleh personel Satkopaska Koarmatim dan Satkopaska Koarmabar serta satu tim US Navy Seals 17 yang bermarkas di Sandiego Amerika Serikat.

Senin, 12 September 2011

Kemhan RI Perluas Kerjasama Alutsista dengan Spanyol, Prancis, dan Jerman

Mistral rudal anti pesawat terbang (photo : Militaryphotos)

JAKARTA (KRjogja.com) - Pemerintah Indonesia akan menjajaki kerja sama pertahanan berupa produksi dan pemasaran bersama beberapa persenjataan dengan tiga negara Eropa yakni Jerman, Spanyol dan Prancis.

Retrofit Tank AMX-13 Oleh Pindad, Bagian Grand Strategi Menuju Kemandirian Pembuatan Tank



Tank ringan AMX-13 sebelum upgrade dan prototipe tank AMX-13 hasil retrofit (photo : Kaskus Militer & Pussenkav)
Bandung, DMC - Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Jum’at (9/9) melakukan kunjungan kerja ke PT. Pindad (Persero) dalam rangka melihat secara langsung kesiapan tindak lanjut dari kontrak retrofit kendaraan tempur Tank AMX-13. Dalam peninjauannya Wamenhan berharap kepada PT. Pindad untuk melihat kontrak retrofit tank ini sebagai bagian dari grand strategi menuju kemandirian industri pertahanan, khususnya kemandirian dalam pembuatan tank.

RI-Korsel Sepakati Pengembangan Panser Bersama

Doosan K21 buatan Korea Selatan (photo : Deagel)


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan sepakat mengembangkan panser dan tank bersama. Kesepakatan itu tertuang dalam nota kesepahaman antara PT Pindad dengan Busan Ltd terkait rencana kerjasama itu di Jakarta, Jumat (9/9).

Sabtu, 10 September 2011

Pemerintah Alokasikan Rp 150 Triliun untuk Alutsista

Menko Perekonomian Hatta Rajasa (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (kiri) sebelum mengikuti sidang kabinet terbatas bidang politik, hukum dan keamanan di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/9). FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/Koz/Spt/11.
JAKARTA - Pemerintah sudah menganggarkan dananya hingga Rp150 triliun untuk pengadaan dan pemeliharaan alutsista TNI. Masalah ini, kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro jadi bahasan Rapat Kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis (8/9) siang.

Setelah Pesawat Tempur, RI-Korsel Jajaki Produksi Kapal Selam

Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro (kanan) bersama Menteri Pertahanan Korea Selatan General (ret.) Kim Kwan-Jin (kiri) menghadiri seminar "Kerjasama Pengembangan Industri Pertahanan" di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (9/9). Dalam seminar tersebut juga membahas kerjasama pertahanan yang meliputi alutsista antara Indonesia dan Korea Selatan, serta strategi pertahanan antara kedua negara. (Foto: ANTARA/Yudhi Mahatma/Koz/hp/11)

Petinggi Korea Selatan pun kagumi KRI Dewaruci


9 September 2011, Jakarta (ANTARA News): KRI Dewaruci, siapa tidak tahu? Pada L'Armada 2003 di Perancis --sebagai misal-- dia menjadi satu-satunya wakil kapal layar tiang tinggi dari Asia dan Afrika yang hadir di perhelatan maritim internasional dengan peserta puluhan koleganya.

Korea Selatan puji CN-235, Indonesia puji T-50 Golden Eagle

T-50 Golden Eagle. (Foto: KAI)
9 September 2011, Jakarta (ANTARA News): Semoga ini bukan basa-basi belaka. Menteri Pertahanan Korea Selatan, Kim Kwan-Jin, memuji dan sangat yakin atas performansi CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia; sebaliknya, Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, memuji T-50 Golden Eagle.

Indobatt Ikut Latgab Unifil dan AB Lebanon

Unifil dan AB Lebanon gelar latihan menembak di Nagoura. (Foto: Getty Images)
9 September 2011, Lebanon (Dispenal): Kontingen Garuda (Konga) yang diwakili Satgas Force Protection Company (FPC) Konga XXVI-C2/UNIFIL, Kamis (8/9), mengikuti latihan gabungan menembak senjata bantuan yang diikuti pasukan United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL ) dan Lebanon (Lebanese Armed Forces/LAF).

RI – Korsel Gelar Seminar Kerjasama Pengembangan Industri Pertahanan

Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro menjadi pembicara dalam seminar "Kerjasama Pengembangan Industri Pertahanan" di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (9/9). Dalam seminar tersebut juga membahas kerjasama pertahanan yang meliputi alutsista antara Indonesia dan Korea Selatan, serta strategi pertahanan antara kedua negara. (Foto: ANTARA/Yudhi Mahatma/Koz/hp/11)

Indonesia Teken Pembelian 16 Unit T-50

T-50 Golden Eagle. (Foto: KAI)
9 September 2011, Jakarta (Radar Banten): Pemerintah In­donesia berencana membeli pesawat tempur T-50 atau Light Figh­ter buatan Korea Selatan se­banyak satu skuadron atau 16 unit. Pembelian ini dilakukan de­ngan cara kerja sama an­tar-kedua negara, di mana Kor­sel juga akan membeli pe­sawat jenis CN 235 produksi In­donesia. Penandatanganan kedua negara akan dilakukan besok antara Menhan RI de­ngan Menhan Korsel.

Menhan Korsel Ingin Kerjasama Peace Keeping Operation dengan Indonesia


8 September 2011, Jakarta (DMC): Menteri Pertahanan Republik Korea Selatan General (Ret) Kim Kwan-jin didampingi sejumlah Delegasi Korea Selatan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia selama dua hari tanggal 8 dan 9 September 2011. Selama di Indonesia, Menhan Korsel yang tiba di Jakarta pada Kamis Pagi (8/9) berkesempatan mengunjungi lokasi pembangunan Peace Keeping Center (PKC) atau Pusat Misi Pemelihara Perdamaian (PMPP) TNI di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Kamis Sore.

PT PAL Butuh Rp 960 Miliar untuk Bertahan

(Foto: KOMPAS)
8 September 2011, Jakarta (KOMPAS.com): PT PAL Indonesia (Persero) membutuhkan Penyertaan Modal Negara atau PMN senilai Rp 960,2 miliar untuk mencegah kebangkrutan. Tambahan modal tersebut diantaranya akan membuat PT PAL terhindar dari kegagalan produksi 17 unit kapal yang sudah dipesan konsumen.

PT DI Minta Rp 2,055 Triliun

Pekerja menyelesaikan pembuatan pesawat CN 235 di hanggar PT.Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat. (Foto: VIVAnews/Tri Saputro)

8 September 2011, Jakarta (KOMPAS.com): PT Dirgantara Indonesia (PT DI) meminta tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 2,055 triliun pada 2012. Dana PMN 2012 itu antara lain dibutuhkan untuk investasi senilai Rp 707 miliar. Sementara itu PMN yang diminta pada tahun 2011 ini, senilai Rp 1,579 triliun, pun belum jelas pencairannya.

PT DI Minta Rp 2,055 Triliun

Pekerja menyelesaikan pembuatan pesawat CN 235 di hanggar PT.Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat. (Foto: VIVAnews/Tri Saputro)

8 September 2011, Jakarta (KOMPAS.com): PT Dirgantara Indonesia (PT DI) meminta tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 2,055 triliun pada 2012. Dana PMN 2012 itu antara lain dibutuhkan untuk investasi senilai Rp 707 miliar. Sementara itu PMN yang diminta pada tahun 2011 ini, senilai Rp 1,579 triliun, pun belum jelas pencairannya.

Kamis, 08 September 2011

Presiden SBY: Wajib Beli Alutsista Produksi Dalam Negeri

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Boediono (kanan) sebelum memimpin sidang kabinet terbatas bidang politik, hukum dan keamanan di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/9). Sidang tersebut membahas kelanjutan rencana pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI dan peralatan serta perlengkapan Polri. (Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf/Koz/Spt/11)

Anggaran Pertahanan Diusulkan Tambahan Rp50 Triliun

Tambahan anggaran Rp 50 trilyun akan digunakan untuk percepatan modernisasi alutsista TNI (photo : Media Indonesia)

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan pihaknya sedang mengkaji usulan penambahan anggaran sebesar Rp50 triliun untuk sektor pertahanan. Sebelumnya, Sebelumnya untuk 2011-2014 telah dialokasikan anggaran alutsista mencapai Rp100 triliun. Penambahan ini dimaksudkan untuk menambah kemampuan sistem pertahanan TNI dan Polri.

UNIFIL Periksa Peralatan Utama Satgas MCOU TNI


8 September 2011, Naqoura (MICOM): Satgas MCOU (Military Community Outreach Unit) TNI Kontingen Garuda XXX-A/UNIFIL, telah menjalani pemeriksaan awal alat-peralatan utama (major equipment), Rabu (7/9) siang waktu Lebanon. Pemeriksaan dilakukan petugas dari COE UNIFIL (Contingent Owned Equipment United Nations Interim Force In Lebanon) di Sudirman Camp, yang terletak di sebuah perbukitan Markas Besar UNIFIL.

Turki Incar Kontrak Alutsista Indonesia Senilai 400 Juta Dolar

Pars 6x6. (Foto: FNSS)
8 September 2011, Ankara (Berita HanKam): Turki dan Indonesia segera menandatangani sejumlah kerjasama pertahanan senilai 400 juta dolar, diungkapkan seorang pejabat industri pertahanan Turki, Selasa (6/9) dikutip harian Hurriyet Daily News.

Kedua negara sepakat meningkatkan kerjasama pertahanan saat Presiden Turki Abdullah Gül bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, April lalu.

Kopassus dan Pasukan Khusus Australia Latihan Bersama

Kopassus dan SAS berlatih bersama di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali tahun lalu. (Foto: Reuters)

8 September 2011, Jakarta (TEMPO Interaktif): Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat menggelar latihan bersama pasukan khusus Australia, Special Operations Command (SOCOMD). Latihan dengan sandi Dawn Komodo XI/2011 ini akan berlangsung selama dua minggu dan diikuti 40 personel Kopassus dan 34 personel Pasukan Khusus Australia.

KSAL: Kekuatan Pokok Minimum TNI-AL Terealisasi 2014

KSAL Laksamana TNI Soeparno (kiri) menyerahkan pataka kepada Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) yang baru Laksda TNI Ade Supandi (kanan) pada serah terima jabatan di Dermaga Koarmatim Ujung, Surabaya, Jatim, Rabu (7/9). Sertijab tersebut Laksda TNI Ade Supandi menggantikan Laksda TNI Bambang Suwarto sebagai Pangarmatim sedangkan Laksma TNI Agus Purwoto menggantikan Laksda TNI Ade Supandi menjadi Gubernur AAL. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/Koz/Spt/11)

TNI AL Latma Kapal Selam dengan Tiga Negara

KRI Cakra saat latihan (photo : TNI AL)

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno mengatakan, pihaknya tengah merintis latihan bersama kapal selam dalam latihan bersama dengan tiga negara yakni Amerika Serikat, Singapura dan Korea Selatan.

Rabu, 07 September 2011

Panglima: Alutsista Laut RI Sejajar Negara Maju

Prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-C/United Nation Interim Force in Lebanon (UNIFIL) berbaris sebelum acara pelepasan keberangkatan KRI Sultan Iskandar Muda-367 di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/9). Indonesia mengirimkan KRI Sultan Iskandar Muda 367 yang diperkuat oleh 100 prajurit TNI AL berangkat menuju Lebanon untuk bergabung dalam Satuan Tugas Maritim Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB di Lebanon Selatan (UNIFIL). (Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf/Koz/Spt/11)

Inpeksi Laut Jelang Sertijab Pangarmatim

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto (kiri) didampingi calon penggantinya Laksamana Muda TNI Ade (kanan)melakukan Admiral Inspection (inspeksi armada tempur laut) dari atas KRI Warakas-816 di perairan sekitar Koarmatim Ujung Surabaya, Selasa (6/9). Admiral Inspection merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL untuk memeriksa kesiapan unsur-unsur Koarmatim untuk yang terakhir kalinya sebelum tongkat estafet kepemimpinan Koarmatim diserahterimakan. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/Koz/Spt/11)

KSAL: 10 Perusahaan Ikuti Tender Pengganti Dewaruci

KRI Dewa Ruci meninggalkan Antwerp, Belgia. (Foto: KBRI Brussel)
5 September 2011, Jakarta (Investor Daily): Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno mengatakan, saat ini tercatat 10 perusahaan kapal mancanegara ikut tender pengadaan kapal layar tiang tinggi menggantikan KRI Dewaruci.

"Sudah ada 10 perusahaan dari tiga negara, antara lain Belanda," katanya ketika ditemui di ruang kerjanya di Jakarta, Senin (5/9).

Alutsista TNI AL

6 September 2011, Surabaya (ANTARA News): Sebuah perahu karet melintas tak jauh dari jajaran kapal perang RI (KRI) di dermaga Komando Armada Kawasan Timur (Koarmatim) Ujung Surabaya, Selasa (6/9). TNI AL terus melakukan pengawasan sejumlah pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain, dengan kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) laut yang ada. (Foto: ANTARA/Eric Ireng/ss/ama/11)

TNI AU - RAAF Gelar Latihan di Bali

F-16 TNI AU. (Foto: Lanud Iswahjudi)

6 September 2011, Kuta (Berita HanKam): Dua puluh lima pilot Angkatan Udara Indonesia (TNI AU) dan Royal Australian Air Force (RAAF) akan melakukan latihan bersama di Bali diungkapkan komandan Lanud Ngurah Rai, Bali Letnan Kolonel Sumarto.

Senin, 05 September 2011

Satgas MTF KRI Sultan Iskandar Muda-367 Berangkat ke Lebanon


SURABAYA - Para keluarga melepas kepergian prajurit TNI-AL yang tergabung dalam Satgas Maritim Task Force (MTF) UNIFIL di Dermaga Koarmatim Ujung, Surabaya, Sabtu (3/9). Sebanyak 100 personel dari unsur TNI AL dengan menumpangi KRI Sultan Iskandar Muda-367 menuju perairan Lebanon untuk mengemban misi perdamaian dunia dan akan bergabung dengan kapal perang angkatan laut negara lainnya. FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat/11

Brunei Akan Beli 15 Panser Anoa Buatan Pindad

Panser 6x6 produksi Pindad (photo : Kodam Jaya)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Brunei Darussalam akan membeli panser buatan PT Pindad. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) akan dilakukan tahun ini juga.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Hartind Asrin mengatakan Brunei tertarik membeli panser Anoa 6 x 6 buatan PT Pindad dan sudah melakukan uji coba terhadap kemampuan panser itu.

TNI AU Percepat Pengadaan Alutsista Sebelum Masa Jabatan SBY Berakhir


KULON PROGO - TNI-AU akan mempercepat program pengadaan berbagai alutsista dan sistem pendukungnya untuk periode tahun 2010-2014.

Demikian disampaikan Kepala Staf TNI-AU, Marsekal TNI Imam Sufaat, di Wates, Kamis (1/9), "Presiden SBY berharap sebelum masa jabatannya berakhir (tahun 2014) program pengadaan alutsista sudah selesai. Sehingga saat masa jabatan beliau berakhir, TNI dalam hal ini TNI-AU sudah kuat."

TNI Percepat Pengadaan Alutsista Hingga 2014

T-50 Golden Eagle. (Foto: KAI)

1 September 2011, Kulon Progo (ANTARA News): TNI-AU mempercepat pengadaan berbagai arsenal dan sistem pendukungnya yang diprogramkan untuk kurun 2010-2014 pada jangka waktu lima tahun ke depan. Jadi pesan tegas kepada negara-negara yang mau main-main dengan kita: jangan coba teruskan niat itu kalau tidak mau berhadapan dengan militer dan seluruh rakyat Indonesia.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls